Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeAgendaPelatihan Pertolongan Pertama Siaga Bencana Tingkat Desa Tejakula

Pelatihan Pertolongan Pertama Siaga Bencana Tingkat Desa Tejakula

GAIYA OASIS

Pelatihan Pertolongan Pertama Siaga Bencana Tingkat Desa Tejakula

Masa Pandemi yang dikuti dengan pembatasan sosial sebagai salah satu syarat protokol kesehatan Covid 19 tidak menyurutkan semangat Lembaga kemanusiaan PMI Kabupaten Buleleng untuk tetap melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi Masyarakat agar bisa sigap dan tanggap apabila menemui sesuatu masalah yang berkaitan dengan menolong diri sendiri dan masyarakat.

Pelatihan Pertolongan Pertama merupakan salah satu program PMI Kabupaten Buleleng untuk menyasar masyarakat tanggap bencana, untuk meningkatkan kapasitas anggota SIBAT dalam Melakukan Pertolongan pertama. menyiapkan diri  sigap akan bencana yang nantinya dapat menyelamatkan diri sendiri dan jiwa korban teruma masyarakat Tejakula.

Kepala Desa Tejakula, Mengatakan mendukung kegiatan yang dilaksanakan PMI Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk membentuk desa tangguh bencana, ucapan terima kasih disampaikan kepada pihak PMI Kabupaten Buleleng yang telah memberikan pelatihan kepada warga desa dan pihak donatur yang telah membiayai kegiatan ini. Adanya kesanggupan perbekel untuk membuatkan surat keputusan desa tentang Pembentukan SIBAT di Desa Tejakula, Keputusan ini penting agar dapat melaksanakan kegiatan secara leluasa dan formal di wilayah desa, dan memmungkinkan untuk dianggarkan dalam APBDes Tejakula.

Serta Penyelenggara dari kegiatan ini di dukung dan didanai oleh Yayasan Gaia Oasis, yang turut memberikan sambutan sekretaris pengurus Gaia Oasis Wayan Sutaya menyampaikan diperlukan kesigapan, ketenangan, dan pengusaan skill sehingga mampu menjaga diri, keluarga dan sesama. Skill dibutuhkan supaya tidak terjadi kesalahan patal dalam memberikan pertolongan, ini merupakan kegiatan pengabdian diri kepada masyarakat, yang sangat diperlukan dalam kondisi-kondisi bencana maupun dalam pelaksanaan tugas sosial dan kemanusiaan

Pengurus PMI Kabupaten Buleleng (Sekretaris) Dr. Gede Sandiasa, S,Sos, MSi, yang juga Dekan FIA Universitas Panji Sakti, sebagai civitas akademik, dalam rangka melaksanakan tugas Pengabdian kepada Masyarakat. Mengatakan Pelatihan yang diadakan memiliki manfaat yang nantinya akan membuat masyarakat lebih sigap. Peningkatan pengetahuan ini, dapat memberi kenyamanan pada setiap orang berkunjung di Desa Tejakula, adanya kelompok masyarakat yang memiliki pengetahuan PP dan Kebencanaan dapat menjadi salah satu indikator kenyamanan dalam tatakelola wilayah desa. Kelompok SIBAT diharapkan dapat melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang pentingnya Siaga Bencana Tingkat Desa, sehingga seluruh komponen masyarakat dapat mendukung seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Sibat, yang nantinya dapat membentuk desa tangguh bencana. Kegiatan mitigasi bencana dapat mengurasi resiko dan dampak bencana di masyarakat.

Sementara ini pelatihan pertolongan pertama yang diadakan di Tejakula pada tanggal 24-25 Desember 2021 yang dilakukan dengan pemberian materi dan praktek. Adapun materi yang diberikan Pertolongan pertama dan anatomi faal yang diberikan  oleh Drs. Wayan Widyasa, penilaian korban dan basic life Support yang diberikan oleh Ns. Cok Agung Indra Putra,S. Kep.

Pelatihan ini diadakan  2 (dua) hari di Desa Tejakula, dengan  level 16 jam untuk memastikan pelatihan tersampaikan dengan baik maka diadakan praktek dan tes untuk menguji sejauh mana pemahaman dari masyarakat terhadap materi yang diberikan, serta melakukan evaluasi pelaksanaaan yang sesuai dengan standar pertolongan pertama.

Share With: