Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeAgendaPeran Relawan Dalam Pandemi Covid-19 di Kabupaten Buleleng

Peran Relawan Dalam Pandemi Covid-19 di Kabupaten Buleleng

PMI-FISP

Peran Relawan Dalam Pandemi Covid-19 di Kabupaten Buleleng

Meningkatkan pembinaan dan pengembangan sangat Relawan dilakukan, tidak saja dalam rangkaian penanggulangan bencana. Palang Merah Indonesia Kabupaten Buleleng, melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan dan memupuk jiwa relawan, baik dengan pemerintah daerah, instansi pendidikan seperti seluruh sekolah SD, SMP dan SMA dalam membina PMR sekolah; Perguruan Tinggi untuk membina KSR, dan swasta yang ada di singaraja, maupun dengan PMI Kabupaten/Kota dan PMI Provinsi Bali, dan media cetak dan elektronik yang ada.

Relawan PMI terbina sejak usia sekolah Dasar disebut dengan Palang Merah Mula; PMR Madya untuk tingkat SMP dan PMR Wira untuk tingkat SMA, serta Korps Sukarela (KSR) untuk tingkat perguruan tinggi dan masyarakat umum. Khusus penanggulangan bencana PMI memiliki relawan yang tergabung dalam Satgana Bencana, serta TSR yaitu orang-orang yang direkrut dari masyarakat dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh PMI.

Adapun tugas relawan adalah 1) di masa damai mengadakan pendidikan dan latihan, sosialisasi dan edukasi, donor darah, pendidikan remaja sebaya, penanganan dan penanggulangan HID/Aids melalui edukasi dan sosialisasi, gerakan peduli lingkungan dan kesehatan masyarakat (donor darah, kesehatan reproduksi, ambulance), serta upaya-upaya pengembangan dan pemupukan jiwa relawan lainnya; 2) saat bencana : penampungan dan evakuasi, pemulihan keluarga, dapur umum, pelayanan kesehatan, trauma senter, pencarian orang hilang, distribusi bantuan, relief dan pendataan, dan donor darah; 3) pasca bencana : pemulihan, rehabilitasi dan kontruksi.

Sedangkan dalam kegiatan penanganan bencana covid-19, PMI Kabupaten Buleleng telah melaksanakan langkah-langkah penting antara lain: 1) berkoordinasi dengan PMI Provinsi Bali, meningkatkan komunikasi dengan PMI Kabupaten/kota se-Bali; 2) melakukan kerjasama dengan Pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini BPBD, dan Satgas Penanggulangan Covid-19 dan berbagai pihak seperti sekolah, desa adat, desa dinas, perguruan tinggi, dan swasta; 3) melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan diseputar kota dan desa; 4) melaksanakan kegiatan gray donor danar yang diadakan di markas PMI Buleleng jalan yudistira 13 Singaraja; dan sosialisasi dengan memasang pamplet-pamplet, dengan melalui mobil keliling.

Pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan PMI antara lain: Pemda Buleleng, Yayasan Gaiya Oasis, Rian Optical, Stefany dkk, Apotek Nusantara, BRI Cabang Singaraja, STTD, Dinas Kesehatan, BPBD Kabupaten Buleleng, PMI Provinsi Bali dan PMI Pusat.

Peningkatan kesadaran masyarakat dalam upaya pemutusan penyebaran pandemi sangat dibutuhkan, sehingga dapat mempercepat proses penyelesaian masalah-masalah kesehatan akibat virus corona, yang berdampak pada upaya kesehatan masyarakat lainnya. Disamping itu pandemi ini sangat berdampak pada kondisi psikologi, sosial dan ekonomi masyarakat, oleh sebab itu semua pihak diharapkan bekerja sama secara simultan dan terpadu dalam upaya penanggulangan covid-19

Mari kita taati himbauan pemerintah, desa adat masing – masing maupun satgas penanggulangan covid 19. terima kasih atas dukungan para mitra kerja PMI dan seluruh masyarakat Buleleng, para relawan PMI yang selalu bersemangat dan bersatu, serta dukungan kuat dari keluarga relawan (sekretaris PMI Bll)

link obrolan pagi https://www.youtube.com/watch?v=RL0AOLK-7BM&feature=youtu.be&fbclid=IwAR2zyJ6hCkf8cSX4V1XgM1GRDaVLgLs-e5poubO18HZHAzFpblT5qBQUzvw

Share With: