Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeAgendaStrategi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Dalam Penyelamatan Arsip Covid 19

Strategi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Dalam Penyelamatan Arsip Covid 19

Guntur

Strategi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Dalam Penyelamatan Arsip Covid 19

https://youtu.be/v2rhJj38fX0Obrolan Pagi bersama Radio Guntur

Selasa, 26 Mei 2020

Narasumber

  1.  I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM ( Sekretaris  Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng )
  2.  Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si (Pengamat Kebijakan dan Administrasi Publik), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti

Pelaksanaan UU No. 43 tahun 2009, tentang kearsifan menjadi sangat penting dipahami dari setiap komponen pelaksanan kearsifan dan termasuk masyarakat. Sistem penyelenggaraan kearsifan yang komprehensif, andal, sistematis, utuh, menyeluruh dan berbasis IT, penting dilakukan, agar tercipta kearsifan yang aman, berdaya guna dan dapat memberi edukasi secara baik terhadap masyarakat. Sistem pengamanan arsip ini dapat diselenggarakan dengan baik, apabila terdapat pemahaman yang baik dari seluruh komponen masyarakat, utamanya pihak-pihak terkait bahwa arsip itu penting, menyangkut historikal daerah, sejarah seni budaya atau wilayah, silsilah tokoh-tokoh atau para pendiri wilayah, pemimpina agama, prasasti-prasasti, kegiatan sosial kemasyarakatan penting, ilmu pengetahun (seperti ilmu pengobatan), peristiwa penting seperti pandemi dan kegiatan penanganganannya yang melibatkan arsip penting.

Arsip selain bernilai sejarah, juga bahan laporan publik yang mengandung nilai dan dapat berdampak secara politik, sosial, maupun budaya. Dimana beberapa arsip dapat bernilai dan tidak dapat diproduksi kembali, sehingga keberadaannya langka dan bisa dibutuhkan oleh banyak orang, dari sisi kemamfaatannya, baik oleh peneliti, bahan edukasi sekolah (studi), dan kepentingan pariwisata daerah. Jika dipahami hal ini, maka sudah tentu para pejabat publik dan masyarakat akan berusaha keras untuk melindungi, mempertahankan dan merawat agar arsip tidak jatuh pada pihak lain, sehingga arsip dapat berfungsi dari sisi ekonomis, sosial, budaya maupun politik, yang tidak ternilai harganya kalau sepanjang tahun dapat digunakan oleh generasi kita, secara berkelanjutan.  disamping itu agar arsip-arsip terbuka, yang bisa dimanfaatkan oleh publik, agar di publikasikan secara elektronik, sehinggapihak-pihak dapat memperoleh manfaat dan kegunaan arsip dapat berlipat-lipat ditangan orang yang memahami akan pentingnya manfaat sebuah arsip.

Kedekatan arsip dengan situs sejarah pembuatannya sangat penting, sehingga arsip daerah memang harus disimpan didaerah bersangkutan, kedekatan proses pemahaman arsip dengan situs pembuatannya, atau sejarah kemunculan arsip tersebut sangat penting, dekat dengan saksi-saksi penting dalam produksi arsip, akan menambah kemanfaatan dan daya guna dari arsip bersangkutan. Oleh sebab itu penting bagi daerah untuk menelusuri arsip-arsip daerah yang ada ditempat lain, baik di provinsi, ditingkat nasional dan juga di masyarakat. Karena ke depan peristiwa-peristiwa yang bernuansa sejarah, tindakan-tindakan tata kelola daerah, dari jaman prasejarah penting mnejadi pedoman hidup dan pengembangan daerah di masa depan, selain untuk bahan studi dan pengembangan pariwisata daerah, yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, dari sisi pengembangan pariwisata berbasiskan pada sejarah penting daerah ini.

Terkait dengan Covid 19, berbagai peristiwa sejak awal terjadinya perkembangan covid 19 di daerah, sejarah dan perkembangan pasien covid dan penanganannya, surat surat keputusan, edaran pejabat publik, tindakan medis, tindakan kepala desa, relawan-relawan penting, laporan anggaran dan berbagai produk arsip lainnya, baik dalam bentuk surat, surat elektronik, video, gambar-gambar, kasus pelanggaran, dan tindakan lainnya perlu dibuatkan arsip dengan baik dan benar. Arsip ini dapat digunakan sebagai laporan, bahan edukasi tindakan dan menjadi pedoman atau bahan acuan dalam mengambil tindakan di masa depan. diharapkan para pihak yang terlibat dan berkepentingan dalam pengelolaan arsip, perlu diberikan pengetahuan dan penyamaan persepsi untuk dapat membuat arsip, dan pemanfaatannya secara baik dan benar.

radio guntur

Share With: