Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeUncategorizedMASYARAKAT EKONOMI ASEAN DAN TANTANGAN BAGI TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DAN TANTANGAN BAGI TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DAN TANTANGAN BAGI TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Oleh Dr. Drs. I Gde Made Metera, M.Si.[15]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.192-205). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

Abstrak: Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tidak hanya membawa konsekuensi bebasnya sirkulasi barang dan jasa yang berasal dari negara-negara ASEAN untuk keluar masuk pasar negara-negara ASEAN, tetapi juga berpengaruh pada pengelolaan pendidikan tinggi. Para pengelola perguruan tinggi haruslah memperbaiki tata kelola perguruan tinggi agar menghasilkan produk bermutu yang mampu bersaing. Tata kelola perguruan tinggi perlu direvitalisasi dengan jalan menetapkan standar oleh penjaminan mutu internal perguruan tinggi yang bersangkutan. Standar yang sudah ditetapkan oleh penjaminan mutu internal harus mampu bersaing dengan produk perguruan tinggi lain di ASEAN dan di dunia. Selanjutnya menetapkan dan melaksanakan strategi untuk mencapai dan meningkatkan standar secara berkelanjutan sehingga produk perguruan tinggi mampu bersaing dengan produk perguruan tinggi lain di ASEAN dan di dunia.

Kata kunci: Masyarakat Ekonomi ASEAN, dan tata kelola perguruan tinggi.

[15] Dr. Drs. I Gde Made Metera, M.Si., pernah mengelola perguruan tinggi sebagai Pembantu Rektor II (1995-2002) dan Rektor (2002-2010).

20171126051139_i gde made metera-prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: