Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeUncategorizedKOEFISIEN RELIABILITAS TES HASIL BELAJAR MAHASISWAYANG TERDIRI ATAS CAMPURAN BUTIR TES PILIHAN GANDA DAN ESAI

KOEFISIEN RELIABILITAS TES HASIL BELAJAR MAHASISWAYANG TERDIRI ATAS CAMPURAN BUTIR TES PILIHAN GANDA DAN ESAI

KOEFISIEN RELIABILITAS TES HASIL BELAJAR MAHASISWAYANG TERDIRI ATAS CAMPURAN BUTIR TES PILIHAN GANDA DAN ESAI

Oleh Drs. I Nyoman Lemes, S.H., M.H. dan Ketut Wetan Sastrawan, S.H., M.H.[13]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.162-177). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

Abstrak: Tes hasil belajar yang dibuat atau disusun oleh seorang dosen, tidak selamanya terdiri atas tes pilihan ganda atau terdiri atas tes esai (uraian). Adakalanya tes yang disusun oleh seorang dosen terdiri atas campuran antara item pilihan ganda dan esai. Untuk item pilihan ganda, validitasnya diuji dengan korelasi point biserial (rpbi) dan item esai, validitasnya diuji dengan korelasi product moment (rxy). Item tes yang validitasnya berkategori gugur (drop) sebaiknya tidak diikutkan dalam menghitung reliabilitas tes. Reliabilitas tes yang terdiri atas campuran antara item pilihan ganda dengan esai dihitung dengan formula Anava Hoyt (r11).

Kata kunci: Validitas butir, reliabilitas tes, dan tes hasil belajar

[13] Drs. I Nyoman Lemes, S.H., M.H. dan Ketut Wetan Sastrawan, S.H., M.H. adalah staf edukatif pada Fakultas Hukum (FH) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126050509_i nyoman lemes-ketut wetan sastrawan-ni putu sri wahyuni- prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: