Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeUncategorizedKEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN INSTITUSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN INSTITUSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN INSTITUSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI

Oleh Dr. Gede Sandiasa, S.Sos., M.Si.[2]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.13-26). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

 

Abstrak: Pola pembentukan sistem akademik yang transfaran, kreatif, inovatif, dan memenuhi legalitas, serta dapat meningkatkan fungsi layanan publik, yang  cepat, responship, dan terjangkau, menjadi tantangan besar dalam pengelolaan perguruan tinggi.  Pemimpin adalah tokoh sentral yang dapat berpengaruh besar dalam pengembangan dan peningkatan kinerja lembaga perguruan tinggi. Model dan gaya kepemimpinan yang diberlakukan harus sesuai dengan perkembangan zaman, regulasi yang ada, dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Model kepemimpinan yang dapat memenuhi pencapaian kinerja perguruan tinggi yang mampu bersaing dan dapat melakukan transformasi secara cepat adalah kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional adalah pemimpin yang telah membekali diri dengan kemapanan pada  kompetensi spiritual (SQ), emosional (EQ), intelektual (IQ), dan fisik (PQ), yang dapat melakukan transformasi diri, dan juga memberi pengaruh pada bawahan, kempemimpinan lain dan lingkungan sekitar untuk melakukan transformasi, untuk dapat memenuhi kebutuhan lembaga dan kepentingan persaingan di dunia global. Untuk itu pemimpin transformasional dapat melaksanakan peran, yaitu: menginspirasi bawahan,  memberdayakan, membangun daya kreatif, menciptakan psikologi positif, dan membentuk perilaku etis.

Kata kunci:  Kepemimpinan, transformasional, strategi  kepemimpinan, dan kualitas perguruan tinggi.

 

[2] Dr. Gede Sandiasa, S.Sos., M.Si. adalah staf edukatif pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126033441_gede sandiasa-prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: